+ -

Pages

Sabtu, 14 Mei 2011

antara aku, adikku dan 'broken'

kalian tau bagaimana cara mendamaikan keluarga yang sudah terlanjur broken itu gimana?
bapak dan ibu bercerai, dan tidak bisa bersilaturahmi dengan baik, bahkan bisa dibilang bermusuhan. mungkin saya tidak mau bilang kalau saya ini korban broken home. tapi adik saya, gimana caranya ngelurursin pikirannya yang udah terlanjur hancur?

selama ini saya selalu memperhatikan adek saya, pola pikirnya yang cenderung selalu menghindar dari masalah.
bapak sering mengeluh, marah dan kesal terhadap ibu saya, ibu saya selalu bilang capek nerima tuduhan tuduhan yang tidak pernah ada buktinya itu.
mungkin bapak saya sakit hati sm ibu, dan ibu sangat ingin dapat maaf dari bapak.

selama ini saya tidak pernah dengar ibu saya mengeluh. sampai kemarin malam
ibu bilang beliau sebenarnya sedih sm apa yang harus diterima adek gr" mereka cerai. 
ibu bilang, dia sedih karna ibu harus rela kami di aush bapak. ibu mau mengalah untuk bapak, untuk kebahagiaan bapak. agar semua salah ibu dimaafkan oleh bapak.
ibu bilang, sangat sakit rasanya selama bertahun tahun tidak bisa bertemu kami dan tidak bisa menjadi bagian dari masa kecil kami.
ibu bilang, ibu rindu dengan tawa kecil kami selama kami tidak bertemu dengannya.
ibu bilang, itu semua demi bapak.

saya sangat menyesal, sangat sangat menyesal karena setelah perceraian ayah dan ibu saya 12 tahun yang lalu, saya sempat trauma.saya sangat membenci ibu saya dulu, saya selalu terbangun tengah malam, saya selalu bermimpi buruk. didalam mimpi saya, saya tiba tiba terjatuh ke lubang yang dalam, dan lalu terbangun, tersentak. begitu setiap malamnya, saya cuma punya ayah.
sampai kelas 6 sd, barulah saya sembuh dari trauma.

dan sekarang, setiap adik saya bermasalah, bapak dan ibu saya mulai saling tuduh tuduhan, dan saya lah yang jadi perantara keluhan mereka, kebayang betapa susahnya untuk menyatukan orang tua, sementara saat ingin menyampaikan perkataan bapak ke ibu. ibu bisa saja sakit hati dan kecewa pada saya, begitu juga bapak. mungkin bisa saja beliau merasa saya menghianati rasa sayangnya selama ini terhadap saya.
sedikitpun, saya tidak ingin itu terjadi.

saya juga menyesal, karna hanya beberapa kali adek saya mau cerita tentang masalahnya. mungkin saya belum bisa jadi kka yang baek untuk adek adek saya.

jadi apa yang harus saya lakukan terhadap orang tua saya yang selalu bertengkar dengan saya sebagai perantaranya?? dan adik saya yang mungkin sudah capek sm kelakuan orangtua yg mungkin menurutnya egois.


saya sudah bosan browsing buku ataupun googling ttg keluarga broken. dan saya belum dapat pemecahan untuk adik saya.
5 Catatan...: antara aku, adikku dan 'broken' kalian tau bagaimana cara mendamaikan keluarga yang sudah terlanjur broken itu gimana? bapak dan ibu bercerai, dan tidak bisa bersilatura...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >