+ -

Pages

Minggu, 29 Mei 2011

Cinema Radio Online ! ^^

Terobosan Itu Berupa Radio Online

Tribun Jambi - Minggu, 29 Mei 2011 11:19 WIB

29052011_radio_jambi.jpg
tribunjambi/hanif burhani
Cinema Radio Online


RUKO dua lantai di Jalan A Thalib, daerah Simpang 
Karya, Telanaipura, Kota Jambi tersebut sepintas lalu terlihat biasa saja.Tak lebih mentereng dari ruko sederetannya. Fasadnya pun boleh dibilang masih asli sebagaimana hasil pembangunan awalnya.

Selain itu, ruko yang lantai dasarnya difungsikan sebagai warnet itu tak langsung terlihat dari jalan. Pasalnya, ada warung bakso serta warung kopi, yang masing-masing memiliki bagian depan menjorok hingga dekat tepi jalan, mengapit di kiri dan kanan.

Namun, dari ruko yang tampak biasa-biasa saja tersebut, sebuah terobosan kreatif di bidang media sebenarnya telah terlahir pada 1 Maret 2011 silam. Terobosan itu datang dari Yudi Sadewa dan kawan-kawannya, yang kebanyakan berlatar belakang mahasiswa Universitas Jambi (Unja) serta penggiat di Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Cinema.

Sejak awal Maret lalu itu, Yudi dan kawan-kawannya mengoperasikan satu siaran radio yang bersiaran secara penuh melalui jaringan internet alias radio online. Pernyiaran secara online sama sekali bukan pelengkap ataupun konvergensi karena radio yang menyandang anama Cinema Radio Online tersebut memang sama sekali tak mengudara secara teresterial melalui gelombang FM maupun AM. Menikmati Cinema Radio Online mesti dilakukan dengan mengakses situs http://www.cc-prroduction.com

Bisa dari BlackBerry
Namun, dengan demikian, Cinema Radio Online tak sekedar bisa dinikmati oleh mereka yang sedang berada di Kota Jambi serta seputarannya. Cinema Radio Online tentu saja bisa didengarkan dari seluruh sudut Planet Bumi, tentu saja selama ada akses ke jaringan internet.

Lebih lagi, Cinema Radio Online tak sekedar dapat diakses memakai komputer meja ataupun komputer portabel semacam laptop, netbook, maupun tablet. Cinema Radio bisa juga disimak memakai ponsel cerdas semacam BlackBerry. Yudi dan kawannya sesama penggiat di Cinema Radio Online, Alan, mengatakan hal ini kepada Tribun pada Selasa (24/5) sore.

"Asal pakai paket internet saja, kalau nggak ya pulsanya kesedot," kata Alan, rekan Yudi di Cinema Radio Online, seraya sedikit terkekeh.

"Untuk penyedia streaming, kami pakai penyedia di Jakarta, sedangkan untuk hosting pakai penyedia di Surabaya," kata Alan lebih lanjut tentang radio yang agaknya merupakan radio bersiaran online pertama di Kota Jambi tersebut, juga merupakan radio online kedua di Sumatera setelah sebuah radio di Padang.

Cinema Radio ini sendiri menempati ruang studio bekas sebuah studio rental musik band. Modal awal pendirian stasiun radio yang kini memiliki 16 announcer alias penyiar tersebut menurut Yudi adalah sekitar Rp 7 juta. Itu antara lain untuk pembelian piranti mixer. (yoseph kelik)


Siaran-Siaran Favorit 


Ngeronda (Ngerumpi Online Anak Muda): pukul 21.00-24.00 setiap hari


IBJ (Indie Band Jambi): pukul 15.00-17.00 setiap Jumat


Communitas Jambi 15.00-17.00 setiap Sabtu


Ngupil (Ngerumpi Pilem) pukul 15.00-17.00 setiap Minggu




Penulis : kelik


Editor : deddy


5 Catatan...: Cinema Radio Online ! ^^ Terobosan Itu Berupa Radio Online Tribun Jambi - Minggu, 29 Mei 2011 11:19 WIB Share | tribunjambi/hanif burhani Cine...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >