+ -

Pages

Kamis, 24 November 2011

Gelitik = Penganiayaan

"gelitik itu penganiayaan, bukan becandaan" -__-

saya emang gak sanggup kalo digelitik, ampuuun ngalah nyerah banget deh kalo digelitik, mending dicubit atau dipukul lah daripada digelitik. gak sanggup saya nahan geli. gak tau kenapa kok bisa kalo abis digelitik tuh efek gelinya bisa sampe berapa menit masih terasa, lagi nulis tentang gelitik kayak sekarang aja udah kerasa gelinya. grrhh aneh! -___- sialnya lagi saya punya pacar iseng, pas tau saya lemahnya kalo digelitik, jadi kalo mau rebutan apa-apa, dia tinggal keluarin jurus andalan "menggelitik", rasanya mau nangis tapi malu. masa digelitik nangis T.T

saya jadinya penasaran, kok bisa saya jadi gampang geli gitu. trus saya ngobrak-ngobrik google, dan jawabannya ketemu. jadi gini .. geli tuh sebenernya reaksi fisiologis yang definisinya gak bisa dikendaliin otak. jadi kita sama sekali gak bisa ngatur rasa geli. entah itu intensitasnya, dimulainya, diakhirnya, dll. geli termasuk sistem indera yang mendeteksi pengalaman yang disebut sentuhan atau tekanan, suhu, sakit (gatal, geli), termasuk juga sensasi pergerakan otot, serta posisi persendian seperti postur pergerakan, visera dan ekspresi wajah, biasanya disebut sistem somatosensori.

trus kenapa kok kaki, leher, pinggang atau ada  beberapa bagian tubuh yang lebih gampang geli kalo digelitik?

itu karena ada beberapa bagian tubuh yang 'geli-an' tersebut lebih banyak syaraf perasa daripada bagian tubuh lainnya. kenapa begitu? itu tandanya bahwa bagian tubuh tersebut lebih peka dari yang lainnya. lebih peka berarti juga bagian tubuh itu "terlindungi" dari "bahaya" yang mungkin mengancam, dan itu berarti menjaga kelangsungan hidup kita. itu berarti tubuh kita memang udah punya mekanism otoomatis dalam perlinndungan diri.

tapi kok, kalo gelitik sendiri. gelinya gak seberapa ya?

nah, kalo itu karna otak kita dapat memberi tahu sensasi-sensasi geli yang disebabkan oleh tindakan diri kita sendiri dan memberinya prioritas rendah. gampangnya, otak kita bisa ngerti kalo diri kita sendiri gak mungkin berbahaya alias gak bisa dikategorikan sebagai ancaman, makanya kalo gelitik sendiri, rasanya gak terlalu geli, malahan hampir gak terasaaa.

jadi gitu, berarti saya bisa dibilang orang peka dan perasa dong yaa?jadi salah besar kalo ada yang bilang saya ini orangnya gak peka dan gak perasa :p 
5 Catatan...: Gelitik = Penganiayaan "gelitik itu penganiayaan, bukan becandaan" -__- saya emang gak sanggup kalo digelitik, ampuuun ngalah nyerah banget deh kal...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

< >